Senin, 13 Agustus 2012

JUNK FOOD: Soda Diet Memicu Serangan Jantung?


JAKARTA: Penggemar minuman bersoda rendah kalori atau diet soda boleh bangga dengan pinggang yang ramping, tapi jangan lupakan efeknya yang dikhawatirkan memicu serangan jantung dan stroke 44 kali lipat lebih tinggi.

Sebuah kajian yang dirilis dalam salah satu jurnal kesehatan, General Internal Medicine, menyebutkan minuman bersoda rendah gula ini memang tidak secara langsung menjadi penyebab utama, tetapi konsumsi berlebihan akan memicu kondisi yang akan menganggu fungsi hati.

Penelitian dilakukan pada 2.600 orang dewasa yang mengkonsumsi diet soda setiap hari yang ternyata meningkatkan potensi serangan jantung 44 kali lipat dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

"Kami melihat ada asosiasi antara serangan jantung atau stroke pada peminum soda diet," ujar penelitiMiller School of Medicine University of MiamiHannad Gardener. Peminum soda diet, lanjutnya, cenderung bergaya hidup tidak sehat.

Dia mengakui minuman ini sebenarnya diklaim lebih sehat dan dianggap menurunkan risiko jangkitan penyakit jantung, tekanan darah, dan kolesterol jahat di dalam darah. (Reuters/arh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar